Minggu, 14 Juli 2013

CURHATAN ILUSTRATOR

Maaf ya baru sempet update lagi. Hihihi. Udah lama banget. Jadi di postingan sebelumnya kan gue udah bilang kalo ada yang lagi gue kerjain. 

APAAN JON?

dan kegiatan itu adalah....

$$$ KEJAR SETORAN!!!! $$$

Hehehehe

di postingan ini gue mau cerita dengan sedikit taburan curcol, tentang apa yang gue kejar beberapa bulan terakhir, gimana gue ngejar, dan buntut-buntutnya

Lanjut?



----------------------------------
CURHAT PART I
----------------------------------

Ya, karena sepertinya laptop lama gue yang sejak 2007 itu belum diganti mengalami kelemotan akut, bahkan jarak antara ngeklik tombol save ampe ngesave beneran kadang butuh waktu bermenit-menit, juga kebutuhan akan pen tablet udah mendesak, gue putuskan mengabdikan diri kepada sebuah website kontes desain selama beberapa bulan.

Kalah? Sering, pake banget. Dikritik? Makanan tiap hari. Bahkan kadang yang ngasih nilai desain itu bener-bener yang ga ngerti desain. Tapi itulah klien, se-jago apapun kita bikin desain, merekalah bosnya, lo boleh ngasih pendapat, tapi ga boleh protes keras sama keputusan mereka. Sekali protes, lo ditendang dari kontes, ga peduli biarpun udah bi babak final.

Kesel? iya, awalnya. Tapi makin kesini gue makin belajar, kerja buat orang itu ga cuma butuh skill, tapi attitude. Gue yang biasanya bikin gambar semau sendiri harus belajar menerima saran dari orang, ngikutin selera klien. Dari semua kekalahan dan kritik yang gue terima, gue belajar, bagusin gambar & benerin attitude ketika ngadepin klien. 

Akhirnya setelah kerja rodi selama 3 bulan ampe jarang tidur dan beberapa kali bolos kuliah karena minimal 3 jam sekali gue harus cek email buat lihat perintah revisi desain yang gue masukin lomba, dan berkutat dengan adobe illustrator buat bikin revisinya. Dari 90 kontes yang gue ikutin, ada 8 desain yang menang, dua atau tiga tiap bulannya. 

Semua duit hasil keringet, ngantuk, & masuk angin selama 3 bulan itu gue tabung. Ditambah beberapa penghasilan dari project kecil-kecilan lain.

Dan kebelilah dua benda yang udah lama gue pengenin banget, yang mana sebelumnya gue cuma bisa berandai-andai buat beli pake duit sendiri, mengingat gue belum punya kerjaan tetap karena masih kuliah. Ya, dalam 3 bulan.


Laptop 15" dengan spec yang bisa dibilang cukup banget buat ngedesain & pen tablet seri terbaru. I love you, both of you. :*

Bukan, bukan pamer, justru kali aja bisa memotivasi kalian buat serius ngejar apa yang kalian mau dan mau bener-bener berusaha dan nyari jalan. 

*end of part one*

Happy Ending? belum. :)


----------------------------------
CURHAT PART II
----------------------------------


Gue pikir dengan gue punya barang yang udah gue idam-idamkan sejak jaman kerajaan Majapahit masih dibikin pondasinya itu, gue langsung bisa hidup bahagia selamanya kayak putri & pangeran di dongeng-dongeng, nyatanya:

1. SUSAH ADAPTASI

Karena dari kecil gue udah kebiasa bikin gambar di atas kertas, gue semacam kagok pas nyoba nggambar pake pen tablet yang area gambarnya licin ini. Gue bener-bener harus belajar lagi dari awal gimana ngarsir rambut dengan rapih.

SUMPAH ITU SUSAH... T___T

Sama kek lo udah pewe ama pacar lo, trus tiba-tiba putus, trus lo susah dapet-dapet pacar lagi karena lupa caranya pedekate. Hih...

(sumpah, kalimat di atas ini bukan pengalaman gue)

Trus gue keinget kata-kata gue sendiri yang sering gue omongin ke orang yang suka ngeluh karena ga bisa gambar padahal udah belajar tiap hari, kalo gue nyerah, sama aja makan omongan sendiri, mana kenyang. Mending makan nasi Padang dah.

Baru ada niatan baik mau serius belajar gambar pake pen tablet,


2. LDR-AN SAMA LAPTOP BARU

Saking senengnya punya laptop baru yang gue pikir kinerjanya super, gue buka banyak aplikasi sekaligus, pindah data langsung puluhan GB, dan itu bikin laptop yang baru beli 3 hari itu ngehang. Gue tunggu ampe 30 menit dan doi masih ga ngerespon sama sekali. Penantian gue bertepuk sebelah tangan. :(

Karena kesabaran gue abis dan ga ada konter pulsa yang jual isi ulang kesabaran, gue matiin paksa laptopnya, trus gue nyalain lagi, masih tetep ga bisa masuk menu. Gue matiin lagi-nyalain lagi-matiin lagi. 

*10 menit kemudian*

MAKIN PARAH...

gue bawa dah ke toko tempat gue beli buat diperiksa teknisi di situ, dia bilang:

"harddisknya bad sector...."

BUNGCUDH... :')

Terpaksa laptop yang baru gue pegang 3x24jam itu serah-terimakan lagi ke tokonya buat diservis...

*****

"Berapa lama ya koh, kira-kira jadinya?"

"Sebulanan gitu deh mas"

*****

DAFUQ?!!!!!!

*batin gue menjerit*


-----------------------------------------------


Hari demi hari berlalu, hampir sama rasanya kayak tiap kali liat foto mantan, tiap ngelewatin kardus laptopnya di kamar, gue galau, gue kangen laptop yang bahkan belum gue kasih nama itu

"Harusnya kita sekarang lagi seneng-seneng berdua, harusnya kita lagi ketawa bareng, harusnya kita lagi suap-suapan, nonton, hujan-hujanan & payungan pake daun pisang. Harusnya..." :(

(Jon, waras gih...)

-----------------------------------------------

udah sebulan lewat 3 hari, tokonya nelpon, katanya laptop udah bisa diambil. Gue lompat-lompat kegirangan, besoknya langsung gue samperin itu toko.

Expectation:

Gue pulang ke rumah bawa laptop baru gue itu dengan senyuman secerah mentari pagi yang menghangatkan sanubari.



Reality:


3. LDR-AN SAMA LAPTOP BARU SEASON 2


"Mas, maaf, kayaknya laptopnya harus dikembaliin ke service center Jakarta lagi, body-nya ada yang penyok karena jasa pengiriman barangnya packing ulang, kemarin saya ga ngecek, baru ngeh tadi pagi. Mau kita claim ke perusahaan pengirimannya buat minta ganti rugi... "

-quote si engkoh penjaga toko-



COBAAN APALAGI INI GUSTI? :'))))



--------------*****--------------

Lagi, gue harus nunggu 3 minggu, dan ga ngerjain gambar apapun karena laptop yang lama udah makin ga bisa diajak kompromi. Selama sebulan + 3 minggu tanpa laptop baru itu, yang tadinya gue tukang bolos kuliah, tiba-tiba rajin ngampus karena males ga ada yang mau dikerjain di rumah. Mau nggambar di kertas juga jatohnya ga semangat. Pen tablet ga kepake dan cuma jadi tatakan duit receh. Dan pastinya ga bisa bikin postingan blog buat sementara waktu. Yang kemarin-kemarin karena sibuk, yang ini karena ga ada laptopnya.

--------------*****--------------


Pas hari ulangtahun gue, pagi-pagi ada telpon dari tokonya, dikabarin (lagi) kalo laptopnya udah bisa diambil. Senengnya ga ketulungan. Gue anggep laptop ini kado ulangtahun dari gusti Allah. 



(yang baru ama yang lama akur. Hihihi)

Dan tentang LDR-an ama laptop, mungkin biar gue rajin kuliah. Biar bisa ngebagi waktu antara urusan kerjaan dan tanggungan akademis karena ortu udah pengen banget liat gue jadi sarjana.

Ah, doakan akuh juga ya, ceman-ceman. :*

Nih, kemarin-kemarin ada satu gambar yang belum sempet diposting. Hihihi. Numpang di postingan ini aja ya :D




#UdahGituAja





19 komentar:

Auliya Arifika Irzain mengatakan...

Haha ... lucu bang. Menginspirasi juga. Sukses ya sama tementemen barunya :D

Nonasan mengatakan...

bisa ngedapetin sesuatu dari hasil kerja keras sendiri itu emang rasanya supeeerrbbb :))
Selamat ulang tahun bang Jon, semoga jobnya makin banyak, kuliahnya lancar, makin rajin ngepost blog ^^

Angga Zulika Ramadhani mengatakan...

Inilah yang mungkin namanya hikmah ramadhan di campur berkah ramadhan :D

di kerjakannya udah lama, di kabarkan baru sekarang... KEREN !


sukses trus bang.

Junita Pristi mengatakan...

suka banget gaya ceritanya :D
bikin guling guling tau :D

@danielkevin_ mengatakan...

'Sama kek lo udah pewe ama pacar lo, trus tiba-tiba putus, trus lo susah dapet-dapet pacar lagi karena lupa caranya pedekate. Hih...

(sumpah, kalimat di atas ini bukan pengalaman gue)'

Iye tau kok bang, kan elu jomblo akut :3

Hatta Shani mengatakan...

hahaha pertama kali aq make bamboo q jg gitu, ms enakan ngambar di kertas emank bs lebih detail n greget, kacian tu laptop mu

yulianzone mengatakan...

Nonasan: makasih, :) dan AMIN buat doanya :)

angga: Amin. :)

Junita: Bantal-bantal juga gak? hihi :D

Daniellevin: Bungcudh :')))))

Hatta Shani: Iya nih susah. pen nya kelpeset mulu :)))

Imaniar Hanifa mengatakan...

samaa !
Laptop yang udah menemaniku ngoding 3 tahun lebih lagi sekarat.. :((

Pengen deh bisa pnya sesuatu dari hasil kerja keras sendiri gitu.. :')
tapi akunya gak rajin nabung, hih!

ega norista mengatakan...

walah bukanne pas di paragon kae laptop mu wes bener??

yulianzone mengatakan...

Imaniar: hihi. Gue jg orangnya males nabung, baru ini aja.

Ega: abis dari talkshownya alitt waktu itu laptopnya makin lemot trus tak bawa lagi ke tokone.

Rahmat Hidayat mengatakan...

Bang.... keren banget udah bisa beli itu, padahal belom punya kerjaan tetap :')

andaikan aja gue juga bisa kayak gitu T.T

Ahdini mengatakan...

mantappp abis yee.. itu gadget ada dua biji cakep2 mending timpuk satu kemari _-_

Nia Sarinastiti N. mengatakan...

Hahahah asli ini beneran memotivasi :-)))

Tri Anugrah Ramadhani mengatakan...

apes banget lo bang XD

tp semoga beruntung lo nular ke gue, mau pen tablet juga :'3

Wandiawan Blog mengatakan...

baru kali ini gue baca tulisan yg pake justify hehe

semangat bang terus berkarya, ceilleh..

yulianzone mengatakan...

rahmat hidayat: Lo juga bisa dong. asal mau menyingkirkan kata "andaikan" dan mulai dengan tidakan :)

ahdini: gue timpuk chargernya gimana? :D

Nia: hihihi. sebenernya bukan postingan khusus buat memotivasi sih. cuma curhatan. tapi kalo dirasa begitu,thank you :D

tri: nabung dari sekarang. keburu keluar seri baru lagi baru lagi, nanti malah makin mahal & bikin ngiler. hihihi

wandiawan: thank you, bro. btw, itu center bro, bukan justify :))

Anggita Bayu mengatakan...

wahahaha seri 5 wacomnya.. T__T gue lagi berusaha juga nih bang. btw itu ikuta kontes designnya dimana yak? :O

rana musika mengatakan...

inspiring :) man jadda wa jada

yulianzone mengatakan...

anggita bayu: 99designs :)

rana: thank you :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...