Kamis, 26 Juli 2012

TERIMAKASIH SUDAH BERTANYA



Salah seorang teman mengirimkan pesan di tumblr gue:

Dan pesan itu datang dari Leny (lenyindah.tumblr.com) , ternyata pesan yang dia kirim isinya pertanyaan seputar desain & gambar. Dan kayaknya jawaban dari pesan itu juga perlu gue sampaikan disini. Siapa tahu bermanfaat buat yang lain juga.

Berikut ini pertanyaannya:


Halo juga Leny.... Dulu sih aku juga pengen kuliah di desain, pengeeeen banget. Tapi, sama tuh, ga diijinin juga sama orangtua dan keluarga besar. Waktu itu aku mikirnya: Yaudah lah ya, sesuai PPKn, kan katanya jadi anak harus nurut, nggak boleh ngebantah orangtua selama dirasa keinginan orangtua itu baik dan masih wajar :) 



Jadi milih jurusannya yang kelihatannya bisa diterima oleh mereka yang mungkin belum terlalu mengerti kalau sebenernya jurusan-jurusan desain dan seni itu juga sekarang bisa membawa orang jadi sukses. Akhirnya milih Sistem Informasi. Awalnya aku kira kuliah sistem informasi itu ya cuma Ngutak atik Microsoft office, teori teori dasar komputer, sama ngebahas tentang teknologi aja. (Maklum, pemikiran anak SMA... waktu itu) . Tapi ternyata bahasan-nya kemana-mana, luas banget. Sampe ke manajemen lah, Pemrograman lah, ini lah, itu lah... Dan makin kesini kayaknya ilmunya makin nggak nggak ketampung sama otak aku yang lebih suka dengan warna, garis, motif, dan sebagainya. :) 

Hehehe. Semester tiga sempet stress dan pengen pindah jurusan. Orangtua juga ikutan stress ngrasain anaknya ini yang makin kesini IPK nya makin turun. Trus aku konsultasi sama dosen wali. Kata beliau:


"Untuk mempelajari sesuatu itu tidak selalu harus dari jalur pendidikan resmi. Kamu bisa belajar sendiri di luar. Kamu bisa cari bukunya atau bertanya kepada teman yang lebih mahir di bidang itu. Tapi soal kuliah kamu, harus tetap konsekuen. Apa yang kamu ambil harus kamu terima. Apa yang kamu mulai harus kamu selesaikan. Nggak usah memaksakan diri untuk lulus dengan nilai bagus. 
Karena memang nantinya bukan bidang ini juga kan yang akan kamu geluti saat kamu bekerja? Dan sambil kamu kuliah, kamu juga belajar tentang desain di luar kampus. Jadi saat lulus nanti, paling tidak kamu sudah punya pegangan berupa skill. Dan jangan lupa belajar tentang teamwork biar waktu sudah kerja nanti bisa lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja. Nilai sih urusan belakangan. Gelar cuma tempelan. Yang lebih penting  adalah ini (nunjuk kepala) sama ini (nunjuk dada)."


Masih banyak lagi yang beliau nasihatkan waktu itu, cuman yang aku inget ya yang diatas ini. :)

Jadilah habis itu aku belajar desain & gambar sendiri. Nanya ke temen2 yang lebih pinter gambar kalo ada kesulitan. Nyisihin duit saku buat beli buku-buku tutorial. Latihan tiap hari. Eh, akhirnya bisa deh tanpa harus kuliah desain. Sekarang sih emang belom lulus kuliahSistem Informasi. Tapi alhamdulillah udah bisa ngasilin duit sendiri dari ngedesain & ngegambarin orang, ya biarpun belum sebanyak gaji anggota dewan sih. Hehehe #eaaaaa

Pokoknya jangan gampang nyerah kalo emang kamu serius pengen menggeluti sesuatu. Cobaan pasti ada. Pinter-pinternya kamu aja bikin perisai buat nangkis cobaan-cobaan tadi.

Tapi kalo kamu akhirnya dapet kesempatan buat kuliah desain. Kenapa enggak. Bukan berarti kalo aku bukan anak jurusan desain trus jadi bilang kuliah desain itu ga penting... Kuliah desain bagus & penting, kalo ada kesempatan & kondisi mendukung. Tapi jangan ampe memaksakan diri kalo emang udah mentok ga bisa. 


Terimakasih Leny, karena sudah bertanya. Goodluck buat kamu :)

----------------------------------------------

PS: Dan buat beberapa temen-temen lain yang ngambil kuliah desainnya beralasan biar bisa kuliah santai dan cuma pengen dibilang keren karena udah jadi anak desain, mending belajar yang rajin gih. Biar duitnya ga kebuang sia-sia. Biar bisa beneran ngedesain juga dan bikin bikin bangga keluarga. Soalnya nggak semua orang seberuntung itu bisa milih semua hal yang dia mau. Dalam hal ini memilih jurusan kuliah. Contohnya gue, dan Leny ini. :)




Regards,


Yulian

21 komentar:

BasithKA mengatakan...

Dosen wali bang jon persis banget nasihatnya dengan orang tuaku. Kalau direnungkan aku setuju dengannya. :)

Agung Rangga mengatakan...

uhuk, sama seperti lenny, saya juga udah lama dan cukup sering stalking lihat2 gambar bang yulian. :)

tahun ini saya juga baru mau masuk kuliah, dan saya bersyukur bisa kuliah di jurusan yg saya inginkan, dan kebetulan kedua ortu setuju saya kuliah di sana, di DKV. :') *kenapa jadi curhat gini*

dan berkat video tutorial gambarnya bang yulian, saya jadi lebih enjoy belajar gambar. hahha, terutama bagian pattern di rambut! saya sangat suka~ :))

sekali lagi, salam kenal ya bang~ :D

Rusydina Tamimi ♥ mengatakan...

nasip aku juga nih bang jon T.T
pengen di design atau arsitektur gitu, eh malah ketampung di teknik sipil :3

emang sih sipil sama arsitektur ada kaitannya, tapi di sipil gak ada sama sekali unsur warnaaaa. aaaaa padahal aku suka itu >.<

dan aku gak suka banget sama fisika, dan terpaksa setelah masuk teknik aku harus mati2an pelajarin itu mata kuliah :'(


sekarang udah masuk smseter 3. tapi berasa masih belum bisa berpijak spenuhnya di dunia itu. entahlah

Reza Kurniawan mengatakan...

tentu dengan tekad yang kuat :)

setiap manusia punya jalannya masing masing, ada yang terus maju, dan ada yang dimulai dari nol, kembali :)

Tehpocii mengatakan...

apa yang kita inginkan belum tentu apa yang kita butuhkan, ada takdir disana. aku suka desain, terlebih lagi bisnis dan komunikasi. pada akhirnya, aku kuliah sistem informasi dajn melanjut teknik elektro, ga ada nyambung2nya sama keinginanku mas. hahaha ilmu bisa dipelajari dari mana saja, asal ada niat dan usaha :D
Suka sama kata2 dosen walinya mas

utari damayanti mengatakan...

ini nasibnya kayak aku deh,beruntung sempet baca postingan ini,aku hampir nyerah nih sm dunia perkuliahan,ngebaca nasehatnya dosen wali bang jon,jadi buat aku semangat nerusin cita cita :D

FridiGraph mengatakan...

Jadinya sekarang Bang Jon punya dua skill, desain sama komunikasi, dua lebih baik dari pada satu. :)

yulianzone mengatakan...

hidup ini lucu. Kita merasa tidak beruntung karena tidak bisa memilih seperti yang lain. Merasa cuma kita yang ngalamin itu. padahal banyak yang senasib. bahkan lebih banyak lagi yang lebih tidak beruntung dari kita.

Winda Huhul mengatakan...

wah sama banget sama aku kak. aku suka gambar (walau gambar nya gak bagus dan sekeren kak jojon), suka hal-hal yang berbau seni dan sebagainya. Tapi aku kuliahnya di farmasi heheh malah jauh banget kan kak? di satu sisi aku emang suka banget sama pelajaran kimia. Oke balik ke topik, sebelum kuliah, satu taun lalu tepatnya, aku jg sempet bimbang cari jurusan. Tapi entah pikiran datangnya dari mana, aku jd mikir aja kalo gambar dan hal-hal berbau seni itu ilmunya bisa kita dapet dimana aja, bisa otodidak. Contohnya belajar dari internet dan buku. Jadi aku mantep sama kuliah aku di farmasi, soalnya ilmu farmasi itu gak bisa dipelajari secara otodidak, salah ngitung dosis pasien bisa meninggal heheh :D
nice post kak :D

Ristania mengatakan...

ini pencerahan... aku juga ini keterima di jurusan yang ga aku suka tapi ortu suka -_-

terimakasih sudah memposting hal seperti ini :)

yulianzone mengatakan...

:) terimakasih udah mampir :)

Ego Maragustaf mengatakan...

Dulu aku juga pernah minta sama ortu buat masuk ke SMA, tapi ortu tetep pengen aku masuk SMK karena biar kedepannya bisa langsung kerja ato malah bisa kuliah.
Dan setelah masuk SMK gak ada sesuatu hal yang seperti aku pengenin di SMA, tapi setelah ke sininya di jurusanku SMK, aku bisa tahu tentang komputer, web, dan segalanya. dan yang terpenting kenal bang Jojon.
Trims untuk motivasinya bang.
Semua indah pada waktunya.

lianitadian mengatakan...

Wah sama bgt, dulu bener2 ga suka sma jurusan yg aku ambil skrg, sampe stress pas smstr 1, tp sekarang yg aku terapin ya bgmana mengambil makna di setiap jalan yg ditempuh, menjalani, berusaha menikmati & menyelesaikan. *knp jd curhat*
Thanks Bang Jon. Nice post :)

Cintra Afridiyana mengatakan...

Halo yulian.. gue baru pertama kali mampir ke blog lo. Btw salam kenal ya :) Dan amazing.. liat gambar lo. Apalagi untuk postingan yang ini. gue salut, lo bs survive di jurusan yg gak lo mau bener2..

yulianzone mengatakan...

Ego & lianita dian: sama-sama. mari berusaha :)

yulianzone mengatakan...

Cintra: Hehehe. Makasih udah nyasar kesini.

Rayen mengatakan...

Saya suka posting Mas yang ini (^,^).b .

Membuat saya semangat (@,@).Soalnya baru masuk kuliah nih ... Mas.

Saya alumni SMANIK juga =D

Aghra Aghasa Adhityawarman mengatakan...

wah nyaris kayak saya mas. dulu pengen banget masuk SMSR, pas siap mau tes eh ndak boleh sama ortu. akirnya msk SMA biasa. tapi gak apalah, ilmu kan bisa dipelajari dimana saja, ndak terbatas

Afria Kusumaningrum mengatakan...

disaat hampir nyerah dengan kuliah,eh nemu ginian.. postingan ini memberi saya pencerahan :')

Leny Indah mengatakan...

Kalo lagi visiting ke blognya mas Yulian, bawaannya mesti berterimakasih banget sm motivasinya mas Yulian di postingan ini.. bener-bener membantu :)

Terimakasih sudah menjawab :)

Noffa Rinandha mengatakan...

wah postingan yang ini ngena banget bang, ternyata kadang kita punya cerita hidup yang sama, keinginan yang sama juga keapesan yang sama. Semangat buat ilustrator jempolan yang sukses secara otodidak yaaa hehe keep drawing *cheers*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...