Jumat, 04 Mei 2012

DI BALIK ILUSTRASI SKRIPSHIT

Hoi Hoi

Gimana yang abis UN?
Lancar?

Yang abis UTS?
Sukses?

[Ngapa , Jon… Pake nanya-nanya?]
Ga boleh? Ini blog, blog siapa? Tulisan, tulisan siapa? Hah?!!! Masalah buat lo? Ngajak ribut? Ayo lo pada maju sini… Gue yang mundur.

Oke. Tenang semuanya. Duduk manis dulu semuanya ya (yang nggak manis gausah dimanis-manisin gitu deh, biasa aja…) . Kayaknya kalo pake gue-elo jadi kurang nyantai nih. Yaudah. Pake aku-kamu aja ya biar lebih romantis , ok?  

*cipok semua pembaca*
*pake setrika panas*

Jadi gini temen-temen,
Kalian udah pada kenal kan, sama si Alitt Susanto, penulis asal Sragentina yang kuliah sejak jaman Borobudur baru dibangun tapi sampe sekarang belom juga lulus itu?

------------------------------------------------

(yang belum kenal, coba follow twitter dia dulu. Nama account nya @shitlicious …. Jangan sampe salah ya guys…. S-H-I-T-L-I-C-I-O-U-S , bukan S-I-L-I-T-C-I-O-U-S … Ya meskipun wujudnya emang mirip-mirip gitu sih..) *ditempeleng bang Alitt*

(yang belum punya twitter coba deh bikin twitter dulu, aku tungguin deh. Nanti aku lanjut cerita lagi kalo kamu udah bikin twitter. Yang penting punya alamat email aja sih, nggak ditanyain bibit bobot bebet atau gaji ortu per bulannya berapa. Gampang kok, segampang nyepik tiang listrik depan rumah kamu).

(yang nggak punya alamat email mending berantem aja sini deh sama gue di lapangan!!!! Gimana?!!hah?!!!  Eh, lupa, harus pake “aku” ya, sorry… *kalem*)


------------------------------------------------

Jadi, mahasiswa yang mencoreng nama baik dunia pendidikan khususnya di Indonesia ini baru bikin buku kedua. Judulnya “SKRIPSHIT, Kisah Sesat Mahasiswa Abadi” . Aku (jiyeeee… aku... *Muntah 10 galon akua*) yang dapet kesempatan buat bikin beberapa ilustrasi di buku ini. Nah, ini nih yang mau aku certain.

------------------------------------------------
SKRIPSHIT
Kisah Sesat Mahasiswa Abadi



Penulis: Alitt Susanto
Penyunting: Syafial Rustama
Proof Reader: Dewi Fita
Penata Letak: Erina Puspitasari
Desainer Sampul: Gita Mariana
Ilustrator: Yulian Eka Aditya
Penerbit: Bukune

Isi: 296 Halaman
Genre: Komedi & Inspiratif
Harga: Rp 41.000,-

------------------------------------------------

Mau nggak diceritain?
Mau dong, plissss….
Kalo nggak mau, aku cubit tete kalian nih!!! 
*cubit tete pembaca*
*pake gunting rumput*
Yaudah, aku anggep mau aja yah…  
(Jojon, anaknya nggak suka ditolak)


So, waktu itu, sebelum bikin ilustrasi buku, aku dikenalin dulu sama bang Syafial, editor dari publisher “bukune” yang nerbitin buku kedua bang Alitt ini. Sama seperti project ilustrasi buku yang pernah aku kerjain sebelumnya, sebelum bikin gambar harus brainstorming dulu. Dijelasin tetek bengek tentang buku itu (omong-omong, tetek siapa yang bengek? *abaikan* ).  Bedanya, dulu bikin cover, sekarang bikin ilustrasi dalam buku.


Soalnya aku tipe orang yang nggak mau memaksa soal selera ke klien. Jadi sebelum bikin ilustrasi, aku Tanya mereka dulu. Mau gambar yang seperti apa? Aku juga minta beberapa saran ke bang Alit, bang Fial & Kak Gita (yang bikin desain cover SKRIPSHIT)

“Enaknya gambar apa ya?”

Trus kak Gita ngirim beberapa saran gambar. Tentang apa aja gambar yang harus aku bikin. Bang Alitt juga kasih beberapa masukan. Jadi nggak semua illustrasi di SKRIPSHIT itu murni dari kepalaku. Kadang kita butuh ide dan saran dari kepala lain yang belum ada di dalam kepala kita. Itu gunanya brainstorming.  :)

Kita nggak bisa asal gambar lho temen-temen.  Penting nih buat temen-temen yang pengen juga berpartisipasi bikin ilustrasi di buku orang. Dalam membuat illustrasi buku, kita dituntut untuk bikin gambar yang bisa mewakili cerita dalam sebuah buku. Misal yang aku bikin di SKRIPSHIT ini. Aku dapet tugas bikin satu gambar per satu bab. Total bab utama dalam SKRIPSHIT ini ada sekitar 17an. Jadi otomatis, buat bikin satu gambar, aku harus baca satu bab dulu.

Aku minta deh file draft bukunya ke bang Fial. Udah kebayang kan itu 17 bab bakal setebel apa. Secara sebelumnya emang aku ini orang yang kurang doyan baca. Untuk baca buku yang udah jadi aja kadang males. Apalagi buat baca naskah SKRIPSHIT (yang dikasih waktu itu) yang bentuknya masih kayak gini:



Koreksi dimana-mana, garis warna-warni bikin sakit mata. Baca satu malam, pusingnya 3 hari (Oke ini lebay). Tapi dapet ilmu juga sih, “Ooh, ternyata nulis yang bener dengan bahasa yang bener itu kayak gini..” . “Oooh, ternyata gitu..” , tentang kata apa aja yang boleh dipake atau enggak, dan lain-lain. Secara nggak langsung, sambil cari ide untuk ilustrasi, bisa belajar menulis :)
Ini beberapa ilustrasi yang dimasukin ke buku:


Kenapa Cuma 16? Harusnya 17 kan? Itu karena bab yang terakhir (bab SKRIPSHIT) request nya agak susah. Harus bikin satu gambar yang mewakili keseluruhan isi novel. Sedangkan waktunya juga udah nggak cukup karena udah lewat dari deadline. Dan begitulah… Biarlah bab terakhir tetep jadi misteri.

Recommended banget loh bukunya. Ya bukan cuma karena aku yang bikin ilustrasi. Tapi emang isinya bagus. Buku ini nggak Cuma bercerita tentang kelucuan, tapi banyak juga pesan yang bisa diambil. Disini bang Alitt bercerita tentang beberapa pengalaman konyol, pengalaman seru, dan pengalaman buruk yang justru jadi titik balik dalam hidupnya. Gimana cerita kecil tentang kehidupan seorang Alitt Susanto di luar account twitternya. Biar buku ini yang menjawab. Dan karena bukunya lumayan tebel, jadi banyak banget gunanya selain buat dibaca. Misalnya:


Bisa buat bantal kalo lagi tiduran di lantai,


Bisa buat gebug kecoa & tikus di rumah kamu,


Bisa buat ganjel pintu,


Bisa buat nabok pacar kamu yang ketahuan selingkuh, dan


Bisa buat dijadiin tatakan mangkuk kalo lagi makan mie rebus yang masih panas.


(Abis ini dihajar sama bang Alitt & orang-orang bukune)
Huahaha. Becanda… Pokoknya beli aja. Serius, ga akan nyesel. :)

Beli yang asli lho, soalnya udah mulai beredar yang bajakan (yassalam, buku aja dibajak). Beli toko buku, jangan di toko besi. Aku aja beli lho. Hehe (Kenapa nggak minta gratis aja Jon? Pasti dikasih kan)Ini bukan soal gratis atau enggak. Ya itulah cara yang bener buat mendukung karya temen. Dengan membeli, bukan meminta, meminjam, apalagi fotocopy. :)

Btw, maaf ya temen-temen. Sebenernya ada satu kesalahan di ilustrasi. Beberapa orang yang jeli mungkin sadar, tapi yang lain palingan ga ngeh… nih:


Hehe. Waktu itu mau dibenerin tapi udah keburu masuk ke bagian cetak. Kak Gita bilang, "Yaudah Jon gapapa, nanti edit lagi kalo cetak ulang. mudah-mudahan cetak ulang, amin." (Aku ikut amin aja deh, hehehe). Dan sekarang udah cetak ulang kayaknya. Selamat ya bang Alitt, mudah-mudahan Cetak ulang terus ampe banyak. Biar cepet bisa beli motor Ninja. Kalo duit beli motornya sisa, boleh deh transfer kesini. Siapa tau cukup kalo aku pake buat ngelamar Emma Watson.  Haha.

------------------------------------------------

PS:
Boleh lho kalo ada penulis lain yang mau ngajakin aku kerjasama buat bikin ilustrasi buku. Langsung aja kirim email

32 komentar:

Stevanus mengatakan...

Om jon makin asyik ya XD
Gambarnya dipesen dimane-mane

Anjrit, bisa buat beli motor ninja? -____-

Slim Shady mengatakan...

selamat juga bwt mas jon dah. B-)

Mamon mengatakan...

pasa baca liat goresannya curiga itu gambar buatan abang, pas udah kelar bacanya cek lagi ternyata benar ilustrasinya oleh @yulianzaone

enny luthfiani mengatakan...

kereeeen, :D

Ca Ya mengatakan...

gambar Bang Jon emang paling cihuy,,,mewakili cerita bgt lho Bang :D

Ugha Badawi mengatakan...

lumayan lah :)

Reza Kurniawan mengatakan...

gambar nya mewakili bang jon, dan bang alit. apa karena kaliat jodoh? *jengjeng*
ayo bang bikin buku juga doooong
bikin buku bergambar ~^^~
kabar baju yang mau dijual gimana baaang?

Karung Boy mengatakan...

seperti biasa.. gambarnya selalu keren.. hehe

yulianzone mengatakan...

Stefanus: Iya nih doski pengen beli Ninja buat dimodif jadi odong-odong :(

Sandy: makasih :)

mamon: hehehhe

Enny: thank you :)

Ca ya: hihihi. itu hasil pemikiran bareng-bareng. Aku cuma eksekusi gambarnya aja :D

Reza: Doain aja za.... #eaaaaa

Ikhsan: Nah seperti biasa juga, kamu selalu comment gambarnya doang. comment ceritanya juga dong. hihihi. ini kan pembahasan utamanya di cerita ama di bukunya bukan di gambarnya. hihihi....

alitt mengatakan...

Nice one!! Thanks jon!! :D

Najla S mengatakan...

Belom beli nih bukunya huhuhu :-(

Al mengatakan...

Keren om... Tapi, paling suka yang pas bang silitt megang sempak... Kocak.. Mukanya melas kayak kucing lagi boker...


@suckhools

Om Yono mengatakan...

ini nih contoh orang yg setia, setia banget sama ngegambar sampe gambarnya di pesen dimana-mana, hebat (y)

Dina Tari R. mengatakan...

ke to the ren bang!

Happy Fibi mengatakan...

Wooo..
Bagus banget gambarnya..
Aku udah liat bukunya *belom baca*, tapi gag ngeh klo itu ilustrasi dari Bang Yulian >.<

Kerennnnn ^^

kelimutu mengatakan...

yay! tambah ngidam skripshit. gara-gara elo bang! beliin! *ngeles minta gratisan*

eniwei, ditunggu ilustrasi2 selanjutnya ya bang. ^^

xoxo
kelimutu

yulianzone mengatakan...

Bang alitt: Okesip masbro :))

Najla: Beli gih, ke warteg :)

Al: LOL

Oom Yono: Amin... amin ya RobbalAlamin, Yon :D

Dina: hehehe. makasih :D

yulianzone mengatakan...

Fibi: Aku juga nggak ngeh kalo itu gambarku :O

Kelimutu: haha. beli sendiri... yeeeee... okesip :D

Retno Dwi Lestari mengatakan...

Nah, nanti tinggal bang Jon gambar + nulis buku bang Jon sendiri.. Ayo.. ditunggu penggemarmu ;)

Muhammad Hidayat mengatakan...

kyaaaa, dari awal sudah ngira kalau illustrasinya buatan kak jojon :D

Rifqi mengatakan...

wew. keren banget gambarnya :D btw, aku belum beli SKRIPSHIT loh! #bangga

Laini Laitu mengatakan...

Abis baca postingan ini langsung cek SKRIPSHIT buat cek jamnya udah berubah jadi jam 9 belom?..
Eh Ternyata jamnya masih salah ternyata Jamnya MATI abis baterei.. #eh #salahfokus

Ilustrasinya keren Maz Jon :P

Ewiq Savitri mengatakan...

keren banget kak ilustrasi2nya :D
mungkin kalau gue jadi penulis, *amin* gue bakal minta elo kak yg jadi ilustratornya mwahaha #mimpi

Galih Hidayatullah mengatakan...

Pertama, selamat buat bang jon yang udah berhasil digaet bukune untuk gambar ilustrasi skripshit. Semoga banyak penulis dan penerbit lain yang pakai jasa bang jon juga, sehingga gue bisa dapet jatah untuk ditransferin gajinya. Mau transfer ke bank B*I apa B*I bang?

Kedua, itu kenapa alit jadi ganteng yah di gambarnya? #eh

Rospita Nur Fazriah mengatakan...

ilustrasinya kereeeen bang Jon ^^b

Parhata Hutapea mengatakan...

wah keren keren , kreatif bgt niiii !

Rusa mengatakan...

Keren banget Jon. Salutttt

Emelia Ariska mengatakan...

Kereen om Joon ^.^

ehiya itu alitnya kok cakep?? waa penipuan publik nih *eh #kabur

FridiGraph mengatakan...

Eits om Jon mau ngelamar Emma Watson hihhi

Adittya Regas mengatakan...

haha... kesalah kecil tapi gak papajuga sih mas gak vital banget. selamat ya mas karyanya nampang lagi :D

es cendol mengatakan...

ouw, yg bikin gambarnya si jojon toh, ya yes ya, keren gitu gambarnya, kalo arsir rambut gitu emang agak lama gitu yah prosesnya ?

silverBullets mengatakan...

wkwkk. selama skripsi ane gk pernah lakuin segila itu. XD
ada banyak prajurit yang bantuin ane selesein skripsi.. :D
good job..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...