Sabtu, 03 Desember 2011

JANGAN DITIRU YA

Hey, happy weekend.... Apa aja yang kalian alamin seminggu terakhir ini?
Seneng kah? bete kah? Asoy kah? Horny kah? eh... :)))

Mmm... gw agak kurang semangat nih sebenernya. Hehe. Tapi gw mau cerita soal pengalaman gw kalah lomba poster. Siapa tau bisa jadi pelajaran juga buat kalian. Dan bisa jadi bahan renungan juga buat gw juga biar nantinya ga keulang lagi. (biar asoy, baca semua ya, jangan di skip)

Jadi ceritanya beberapa waktu lalu sempet ada kontes film pendek. Trus buat tambahannya ada kontes desain poster buat film pendek itu. Gw liat hadiahnya lumayan sih, makannya gw tertarik buat ikutan. Tapi karena gw dapet info nya telat, gw cuma ada persiapan 7 hari sebelum deadline. Itupun pas minggu-minggu sibuk. jadi baru sempet bikin 4 hari sebelum deadline. gw gambar lah itu poster, dan baru gw kumpulin pas hari-H deadline. untung masih bisa dikejar. Dengan percaya diri gw upload gambarnya, gw tengok poster-poster lain. Yang (waktu itu) menurut gw, masih ada kesempatan buat gw menang, kalopun ada yang bagus (waktu itu) gw pikir cuma satu dua doang lah ya.

Nah, guess what? kepercayaan diri yang berlebih itu ternyata mencapai antiklimaks saat pengumuman. Disitu gw harus menerima pil pahit kekalahan (halah) ... Hehehe, ya gw kalah. Walopun waktu pengumuman gw ngetwit seolah gw ga kenapa-kenapa. Sebenernya waktu itu gw masih kesel banget.... tapi tetep aja keliatan kalo lagi kecewa. nih twit gw kemaren, (baca dari bawah) ditanggepin sama si tyo :


Ya, emang disitu awalnya gw sempet kecewa karena punya gw ga kepilih, tapi, setelah gw pikir-pikir dan renungin lagi. Gw menemukan beberapa alasan kenapa gw emang seharusnya kalah. Baik yang paling masuk akal, sampe yang menurut gw "mungkin" . APA AJA JON?

1. TERLALU PERCAYA DIRI

Sebenernya dari awal gw udah ada feeling kalo gambar yang gw bikin itu lebih pantes jadi cover buku ketimbang poster. Tapi gw biarin aja, dan mikir, "ah, udahlah, gambarnya udah bagus ini" ... Ternyata pas gw liatin ke temen-temen gw, ada salah satu temen (zazuli) bilang kalo gambar gw malah kayak cover buku... (deg...) 2 orang udah mikir kayak gt, Ga nutup kemungkinan kalo juri juga bakal mikir sama. 
Dan ternyata bener. Biarpun ada beberapa desain saingan yang gambarnya lebih sederhana, tapi mereka bisa masuk karena gambar mereka lebih pantes buat jadi poster film daripada gambar gw. 

2. LUPA DIRI

Pas gw liat poster-poster lain sebelum pengumuman, dalem ati mungkin sempet gw ngomong, "halahhh, poster yang lain biasa aja, ga ada yang istimewa, pasti ada kesepatan nih gw menang". Disitu gw lupa akan sesuatu. Biasanya tiap ada orang yang ngatain gw jago gambar, gw bilang ke mereka kalo gw ini juga masih dalam proses belajar, dan pastinya masih ada banyak orang yang lebih jago dari gw. Berbanding terbalik dengan kata-kata gw biasanya, waktu itu gw malah ngetwit kalo gw ga terlalu pesimis pas awal-awal upload.

abe pun secara nggak langsung "nyentil" gw gini:

Mmmm. oke. ternyata secara nggak langsung waktu itu gw udah terlalu ngerasa berada diatas angin & lupa kalo diata langit masih ada langit.... Ohh... stupid me :(

3. LUPA TUHAN

Ini yang paling kronis. Kemaren-kemaren gw sempet posting link kesana kemari. minta dukungan doa dari temen-temen. yang mana justru tiap abis sholat atau waktu-waktu lain gw sendiri gapernah berdoa biar gw menang. Merasa gambar gw udah cukup layak menang tanpa gw harus meminta tolong secara khusus sama Gusti Allah dan menjadikan "doain ya" ke temen-temen cuma sebagai formalitas belaka.

Padahal beberapa hari sebelumnya gw sempet brainstorming sama salah satu ilustrator senior yang sering menang kontes desain lokal & internasional, dan beliau bilang, "Gambarku bagus itu bukan cuma karena skill , pengalaman, ato property canggih kok mas, balik lagi, semua juga karena Tuhan. Mau se hebat apapun kalo ga ada campur tangan Tuhan aku juga ndak bakalan sering menang kontes"


*********

Yah, tentu aja, gw mengambil suatu pelajaran berharga disini. Dimanapun gw berada, emang seharusnya gw ga ngelupain hal-hal mendasar seperti itu. Dan semoga ga keulang lagi nanti-nanti. Makasih banget temen-temen yang udah pada ngingetin. 

Dari sini gw sadar gw belum pantas menang. baik secara kualitas gambar maupun secara mental.


dan kalo ada yang ngingetin, gw ga boleh mikir:

"Yah, maklum, gw ini cuma manusia, pasti ada kekurangan" 

melainkan:

"Yah, karena gw manusia dan  punya banyak kekurangan, jadi gw masih harus banyak belajar" 

*terimakasih yang udah baca tanpa skip, semoga kebodohan gw diatas cukup menjadi contoh yang tidak patut ditiru. dan semoga postingan ini bermanfaat* 

35 komentar:

Bizwud mengatakan...

baguslah ada hikmahnya, Jon.. ikut ngambil positipnya aku.. terus berkarya aja.

rana musika mengatakan...

I was one of your fans #ciee

I loved reading your humble, funny, creative blog.

I loved a fact that you play music instrument too.

until, someday -I'm sure you forgot already- I asked you a very simple question about how to insert link on blog. And your comment was so...

Senang akhirnya bisa membaca postingan yg humble seperti dulu. btw, I NEVER SKIP reading your blog. I just one of silent reader who never left any comment before.

Ditunggu karya selanjutnya

:)

Emelia Ariska mengatakan...

*benerinbaju* *ngebacatanpaskip*

iya bener banget 3 hal itu emang HARUS selalu di ingat.
kalo enggak, kita bakal jadi orang yg takabur ;)

hwaiting oppa :D

yulianzone mengatakan...

bizwud & emilia: hehehe. makasih :)

rana: thanks udah jadi pembaca yang baik. mungkin gw lupa waktu itu gw bilang apa pas jawab pertanyaan link. tapi kayaknya cukup buat bikin orang ilfil.... tapi sampe skrg jg gw blm tau cara bikinnya. hehehe. apapun jawaban gw waktu itu, maafin gw ya :)

Dewi Isn mengatakan...

menurut aku, kekalahan itu emang kebanyakan dateng saat kita ngerasa bakal menang (pengalaman, hehe). optimis memang perlu tapi rendah hati (bukan rendah diri lho) lebih perlu lagi. *kata2 ini lebih k diri gw sendiri -_-. thanks ya udah sharing pengalamannya. :)

Ins.. mengatakan...

*pukpuk Bang Jon*

JK mengatakan...

santai jon, lain kali pasti menang. semangat jon

Bintang Dandelion - Widie mengatakan...

pengalaman yang sama buat gw waktu ngikutin lomba cerpen :)
Gw percaya dan gw akan selalu percaya, pasti ada hal manis ataupun "hikmah" dibalik ini semua. waktu cerpen gw gx jadi menang, gw lihat lagi ke tempat penyelenggara event itu (kebetulan eventnya diselenggarain online), ternyata hasil-hasil karya mereka yang menang nggak jadi dibukuin karena penyelenggaranya kebentur suatu masalah. dan itu yang gue tau adalah HIKMAH nya :)
Seandainya karya gw waktu itu menang,pasti lebih down lagi rasanya.
so..satu lagi kuncinya, jangan pernah menyerah, walaupun kamu gagal hari ini :)

semangat :)
#maaf kepanjangan :D

Amelia Fauziah mengatakan...

tetep semangat kakak (っˆ ³(´._.`)

Carolina Budi Suwandi mengatakan...

anda sudah menang kok.. dihatiku... DIERRRRRRRRRRRRR...

kegagalan berbuah pola pikir yang dewasa lebih baik kok dibanding kemenangan berbuah congkak..

hv a great saturday!

yulianzone mengatakan...

CBS: ehehehe. terimakasih kakak :)
tetep down to earth aja yak pokoknya :D

RENEsanta mengatakan...

#CIEBANGYUL :D
gambarnya bagus bang, pelajaran yang didapet juga bagus :D semoga kapan2 ada lomba cover buku, menang deh pastiii :D

hanif mengatakan...

nice lesson for us bang :)

Feronica Christiani mengatakan...

cakep bang gambarnya, dan iya sih lebih cocok jadi cover buku. btw, gue juga ikutan dan gue kalah juga, tosss.. hahaha

cacinksarapp mengatakan...

bener bang, terkadang kita juga bisa lupa akan sesuatu yg seperti itu, tapi ganbatte bang, mungkin kgagalan hari ini buat pintu keberhasilan utk besok :)

Dini mengatakan...

ambil hikmahnya aja ya bang :) gue ngerasa tersindir nih hahahaha. thanks for sharing, terus berkarya yaaa.

yulianzone mengatakan...

amin amin amin ya robbal alamin. hehehehe. kalo soal kontes mungkin itu nomer kesekian. yang terpenting semoga sifat2 jelek itu ga balik lagi :)

Arsifa mengatakan...

sabar yah bang....

*pukpuk*

*nepok pundak bang jon*

oh iya mau tanya kalau yang pemenang kaos itu udah ada ya bang? kog ga diposting?

Herlus Fadhil mengatakan...

jangan lupa doa intinya masbro :D

yulianzone mengatakan...

kaosnya ada masalah di produksi. gatau deh. kaosnya belom dikirim kerumah -___-"

BasithKA mengatakan...

Tapi, tetap semangat terus bang jon, jangan putus asa disini, orang bilang kan, pengalaman itu guru terbaik ^_^ semoga gak terulang, sukses selalu ya bang jon :D

Miranti Pratiwi mengatakan...

ada pelajaran yang bisa diambil :) tapi lain kali pasti bisa menang kok. Ayo semangat lagi berkaryanya :)

Asep Alazhari mengatakan...

patut dicontoh ka buat pelajaran :D

Anak Pingit mengatakan...

orang yang sukses adalah orang yang sadar akan kelebihan dan kekurangan bang jon.
bang jon bruntung punya itu semua...

dengan adanya kejadian ini,
bang jon kan bisa nambah pengalaman lagi.

tapi, jujur seh. gambar bang jon itu kelewat bagus kalo buat poster.
detailnya, dan pernak-pernik gambar, emang kaga cocok buat sebuah poster bang.

bner kata temen abang, cocoknya gambar ntu jadi cover buku.
:)

terus berkarya bang jon, jangan patah arang.

yulianzone mengatakan...

amin. makasih semuanya... hehehe

anak pingit: ah. enggak kok. bukan terlalu bagus. justru bikin poster itu lebih susah. dimana cara bikin gambar simple jadi keliatan bermakna. kalo sama cover buku udah beda lagi bagiannya. bukan soal terlalu bagus ato apa. kalo terlalu bagus masuk dong punya gw :) hehehe

beby mengatakan...

*pukpuk bang jon*
kadang manusia suka lupa bersyukur sama Allah kalo udah dikasih banyak rezeki. mungkin itu cara Allah bang buat ngingetin bang jon :) semua yang kita miliki di dunia ini kan cuma titipannNya. ambil hikmahnya aja ya bang :D

welcome to dea's room ... mengatakan...

Sama persis kayak yg aku alamin 1 jam yg lalu. Huaa. Terlalu optimis dan ketika kalah... JLEB sakitnya bukan main...

Zippy mengatakan...

Nope bang!
Semua kan butuh proses, jadikan pengalaman aja :)
but, kalo saya jadi juri, kemungkinan besar desaign mas bro bakal jadi pemenang :D
Maklum, gak bisa bedain mana yang cocok jadi cover buku ataupun poster, hihihihi.... :D
Tetap semangat bang! :)

Aliv mengatakan...

Anehnya, perasaan optimis berlebihan selalu bikin kita meluncur ke bawah.
Percaya diri berlebih selalu membawa kita ke arah yg bukan semestinya sih om.

Yo wis lah, intinya jangan nengok ke kaca spion mulu, fokusin aja ke depan, daripada ntar nabrak pohon pisang :p
(ngerti gak maksudnya? --")

Ratna Oktaviandini mengatakan...

bang, gue buatin gambar d0ng, yg bagus

Yana mengatakan...

halo salam kenal :D

yah, tidak boleh terlalu disesali juga :) yang penting hikmahnya dapet dan jangan sampai diulangi lagi
tetep semangat bro! gambarmu bagus2, tetap rendah hati ya... :)

Luvck mengatakan...

klo kata gw sih jon, qta gak akan pernah belajar kalo qta gak pernah gagal :) 1 lagi, berdoa dan bekerjalah/berusaha

orank16 mengatakan...

bener..kekalahan bukan untuk diratapi tapi untuk dijadikan pembelajaran

tetep semangat om, tetaplah menginspirasi kami-kami ini :)

Achid mengatakan...

#blogwalking Wow, kenapa pas banget ya .. gw juga abis kalah lomba desain, dan kejadiannya sama persis.. :( Betul banget, sehebat apapun menurut orang karya karya kita, pasti masih ada yang lebih hebat. jangan pernah merasa cepat puas untuk belajar, tetap berkarya, bung! :)

Ayuni Adesty mengatakan...

CEMUMUUUDH KAKAAAAK!
Aku mau belajar gambar. Pas kemarin cari-cari tutorial aku nemu video di You Tube. Penasaran, aku cari deh blognya. Mumpung hariini libur. AKu mau blogwalking di rumahnya Jojon Ah!
*he he
Ke blognya maksudnya
Salam kenal!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...