Selasa, 05 Juli 2011

VECTOR COLORING TUTORIAL by yulianzone

Hola halo ceman ceman.... :D
Udah poop belom?
Kalo udah jangan lupa cebok :D
Oke buat posting ini kita gak becandaan dulu. posting serius soalnya :)

Mmm, di posting sebelumnya saya udah share tentang doodling, dan ternyata banyak tanggepan positif yang masuk. tandanya emang mulai banyak yg tertarik buat belajar juga. Saya ikut seneng. so, disini saya bukan mau ngajarin. kita masih sama-sama belajar. saya lebih suka menyebut ini sharing. Oke, mari sejenak kita tinggalkan buku gambar. cukup ditaroh aja di meja, jangan dikasih makan ke kambing (katanya mau serius jon?? ... mmm... ok, kita serius).

Di posting ini saya mau share soal tahap coloring gambar vektor. lemesin jari kalian, dari PULPEN, kita berpindah ke MOUSE (ato pen tablet kalo punya)

mmm, sebelumnya, FYI, saya pake photoshop. Tapi mungkin saya ga akan jelasin secara detail banget. Saya cuma kasih liat gimana tahap pewarnaan yang biasa saya lakuin dan tool apa yang dipake. Jadi, mohon maaf, trik ini untuk pemakai photoshop tingkat MEDIUM s/d PRO (tapi kalo yg udah expert mah kayaknya gausah liat ini juga udah pada bisa sendiri.hehehe). Bukan maksud lancang mau menggurui, cuma berbagi ilmu. :)

Dan, untuk yang pemula, maaf ya. sementara boleh belajar tools photoshopnya dulu :D 




Disini kita mau bikin gambar KAMEN RIDER / MASKED RIDER V2 . mmm... 
"HOW TO MAKE IT, JON?"
"GIMANA CARA BIKIN BEGINIAN?"
"PIYE CARANE NGGAWE KOYO NGENE?"




kebetulan ini masked rider generasi pertama. kemaren saya googling dan baru tau kalo kamen rider ini udah tayang dari taun 70an. jadi ini udah ultah ke 40.kebetulan dulu pas SD saya dibeliin action figure si V2 ini. tingginya sepanjang lebar duit 100rb yg skrg. tp gatau deh itu ilang kemana.

versi kostum asli (dapet dari google)




Tapi khusus gambar ini kostumnya udah diperbaharui. diadaptasi ke kostum superhero yang dulunya agak KREMPENG jadi lebih ATLETIS. :D

ini dengan kostum versi sekarang (dapet dari google juga)




dan ini tahapan-tahapan bikin gambar vektor nya:



1. outline, saya buat dg ngejiplak foto. diambil garis-garisnya aja. pake pen tool-klik kanan-brush (basic brush tanpa "feather". size 3 s/d 7pixel) apa itu feather? udah pernah saya jelasin disini

2. isi warna mata (merah)

3. isi bagian yang berwarna hijau

4. atur & kreasikan gradasi warna hijau tadi semau anda agar terlihat lebih hidup.( hijau tua - hijau sedang - hijau muda)

5. isi bagian yang berwarna abu-abu tua

6. atur gradasi warna. di gambar saya pake 3 sampai 4 lapis. (hitam - abu2 tua - abu2 sedang - abu2 muda)

7. isi bagian yang berwarna merah (dasi & ikat pinggang)

8. atur gradasi warna merahnya

9. tambahkan warna background. 

------------------------------------------------------------------


cara mewarnai:

Buat seleksi area tertentu untuk diwarnai biasanya saya pake POLYGONAL LASSO TOOL (gambar tali simpul yg ada sudutnya) :


Tapi kalo pengen lengkungan lebih alus, pake aja pen tool (gambar mata pena): 


trus kalo garis pen tool nya udah dibikin,

klik kanan - make selection - ganti feathernya dg angka 0 - OK

nanti area yang udah digambar pake pen tool bisa jadi ruang terseleksi. abis itu cukup siram warnanya pake PAINT BUCKET TOOL (gambar kaleng cat tumpah):



untuk gradasi, saya pake cara yang sama. pen tool- select . abis itu bisa diotak atik kecerahan warna di bagian tertentu dg cara tekan Ctrl+U (Hue/Saturation) atau Ctrl+M (Curve) , diatur sendiri sesuai selera:




terakhir, perhatikan detail gambar. tambahkan detail yang dirasa perlu seperti garis jahitan baju, garis pola pada sepatu,detail ikat pinggang dll. (caranya sama seperti tadi)

untuk coloring background saya pake wet media brush :


----------------------------------------------------------------------------

dan ini finishing dari hasil coloring tadi (versi saya)


untuk memudahkan temen-temen semua, saya kasih kalian file outline nya. download disini. Jadi kalian tinggal coloring aja. jadi nanti bisa buat belajar dirumah. download juga gambar tahap-tahap coloring diatas. gapapa kok kalo mau download. :)

mmmm kalo mau sih,kalo hasil coloring yang kalian buat udah jadi, upload gambarnya di blog / web kalian. trus share link nya disini. masukin ke comment posting ini aja. ntar saya liat satu2. ntar saya posting di blog ini juga deh. :D


Daftar pustaka: gambar2 screenshot tools, curve, hue/saturation,foto-foto kamen rider, dll dapet dari google. Gambar vektor & penjelasannya bikin sendiri :)

silahkan share ato download posting ini apabila dirasa perlu

tapi satu catetan:


boleh share, boleh download. BUT, NO PLAGIARISM atau bahasa mudahnya "jangan dibajak". ok? hehehe :)

sampai jumpa di postingan selanjutnya... kalo bingung / ada yg mau ditanyain, senggol aja lewat mention di twitter saya @yulianzone




best regard



yulianzone

18 komentar:

Putra Harda Pratama mengatakan...

ta' coba langsungg...!!!

MUTIA HAN mengatakan...

hebaaaaat, bahasa tuturnya sangat masuk di otak! ga masuk lobang idung kanan keluar lobang idung kiri! keep making tutorial bang jojon unyuuu~ request cara bikin tangan dooong~

auliadit 'adit' mengatakan...

perlu di coba...
:)

rachmanfachri mengatakan...

Patut diicip :))

yulianzone mengatakan...

thanks for stopping by :D

inozetta mengatakan...

manteeeeep

Prisma Fadjar Budhi Mumtahanah mengatakan...

coba dulu ah :))

cacinksarapp mengatakan...

akhirnya di post juga huahahahah #makansendal
makasih banyak om jojon :)
#ngutakngatikphotohopp

riiedzgibran mengatakan...

mancaaap

yulianzone mengatakan...

thanks for the support :)

FridiGraph mengatakan...

mantap kak
Fridi coba ah :)

faris huda oktavian mengatakan...

keren banggg :D

Ifany mengatakan...

PERTAMAXXXX BANG...

rian mengatakan...

keren. nambah ilmu nih mampir kemari. coba ah.. :)

leandra alion mengatakan...

keren banget kaka :D

Pewe mengatakan...

keren dapet pelajaran disini :D

Kautsar mengatakan...

nice info! keren bang!

SiEndot mengatakan...

wah..akhirnya ketemu tutorial beginian..

thanks kak tutor'a,,nyoba dulu :))

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...