Jumat, 01 Juli 2011

LIVE SKETCH VIDEO - yulianzone

Beberapa kali sering saya baca pertanyaan:
 "itu gambarnya gimana sih cara bikinnya?" 
saya selalu jawab:
"sketsa manual + coloring photoshop"
Dan karena waktu saya jawab begitu juga masih ada aja yang sering bingung. ini saya bikin videonya. Ga ada maksud mau sok sok ngajarin ato gimana.JUST FOR FUN. dan karena saya juga masih terhitung baru dalam dunia perdoodlingan yang berwarna dan membabi buta ini.


Tapi semoga video ini bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang kayak gimana "manual sketch" yang saya maksud.

[video: live sketch - yulianzone]
[tadinya backsound nya bukan ini. tp karena
gara-gara backsound itu videonya kena pencekalan, jadi saya ganti backsound dari youtube ]

di video ini saya pake buku gambar A4. saya bikin sketsa sederhana aja karena takut durasi videonya jadi kelamaan. kasihan yang ngerekam. dia lagi banyak kerjaan.hehehe. Saya pake pensil mekanik ukuran 0.5 , drawingpen nya ukuran 0.5 sama 0.1 .
FYI:  di bagian awal video saya liatin beberapa gambar di sketchbook saya yang pernah saya taroh di blog. biar ga dikira HOAX :D
untuk menghindari kesalahan sketsa, biasanya pas nge gambar muka sama badan, saya pake pensil dulu. tapi bagian motif, arsir, dsb, saya langsung pake drawingpen. di video ini mungkin pas tahap sketsa, coretan pensilnya agak kurang jelas karena emang saya bikin tipis banget biar gampang dihapus kalo gambarnya udah selesai. tapi di bagian drawingpen cukup jelas kok. jangan kawatir :)

videonya boleh kok di download kalo perlu. tapi watermark yulianzone di video nya jangan diedit ya :) . Mungkin kalo abis di download trus diliat FULL SCREEN sketsa pensilnya jadi lebih jelas.


yah, beginilah yang saya lakuin kalo lagi bosen. Thanks buat temen saya sutrisno dwi atmojo udah minjemin kamarnya buat bikin video ini. dia juga yang ngerekam videonya. 20 menit (durasi asli) dia berdiri megangin kamera tanpa tripod. dan abis video kelar, saya tengok ke belakang dan, ampun. biji kringetnya pada segede biji nya kingkong [too much, mendramatisir] . wkwkwkwk. thanks bro. maap ya udah ngerepotin :D


videonya ini bisa dilihat juga disini


pesen buat yang mau nyoba, sebelum doodling harus:


*Jangan lupa Sholat 5 waktu atau melakukan Ibadah sesuai kepercayaan masing-masing

*Siapin cemilan di samping anda, jaga-jaga kalo laper

*Pastikan punya peralatan gambar sendiri. Minjem boleh tapi jangan nyolong di toko

*Buang jauh-jauh pikiran tentang jupe ato malinda dee, kalo enggak, sudah bisa dipastikan yang anda gambar hanya buah semangka, melon atau sejenisnya

*Tulis surat wasiat, siapa tau kena serangan jantung pas lagi doodling

*Pamitan sama ortu, siapa tau disela-sela doodling, anda diculik genderuwo berdada wewe gombel

*Pastikan, anda sadar. Percuma udah gambar capek-capek kalo ternyata cuma mimpi doang


pantangan doodling:







*Jangan doodling di tengah jalan raya

*Jangan doodling sambil minum jus baygon

*Jangan doodling sambil telanjang

*Jangan doodling di jidat dosen ato guru anda. Kalo masih belajar, di kertas dulu aja, yang tadi itu khusus buat yang udah expert. itupun juga kalo orangnya nekat & udah siap buat dikeluarin dari sekolah / di D.O.


SELAMAT MENCOBA
kalo masih bingung bisa tanya lewat twitter @yulianzone 


thanks for ur visit


silahkan share ke temen-temen lain apabila dirasa perlu, dan jangan lupa tinggalkan komentar. #eaaaaa :D

---------------------------------------------------

best regard


-yulianzone-

34 komentar:

MUTIA HAN mengatakan...

PERTAMAAAAAAAXX MAHAAAAALLLL GAAAANNN!!!!

Rd M Ridwan W mengatakan...

Wehehe boleh dicoba di mas jon :D

Aliv mengatakan...

Pantengin dulu aaaah... :p

Anonim mengatakan...

weheheheheh.....

Aliv mengatakan...

UPDATE:
Btw, muka si om gembul yak :D
muihihihi :p

Luvck mengatakan...

KECE!!

Tya mengatakan...

two thumbs up !!

Irvina mengatakan...

gembul, lo makan apaan sih bisa jago gambar kayak gt aaaaaaaaaaaaaaaaa #meninggal #envy

renetiss mengatakan...

kyaaa kyaaa kyaaa, hebaaatt :o

sonixhyuga mengatakan...

tipsnya gak ada yang bener --".

Kalo gw doodling cuma sampe di kertas doang ka' ...kaga punya scanner nh T.T hiks hiks...

Anonim mengatakan...

harus pinter gambar ini -.-

dheya anggita mengatakan...

ouh begitu yaa.
gue pengen sih bisa gambar, tapi gak bakat -,-
udah nyoba berkali2 tapi gabisa..
good luck deh ! kalo punya bakat jangan di sia-sia in yaaa :D

hemoFILIA mengatakan...

aku udah liat video kakak.
asyik banget ngarsirnnyaa..

Benazio Rizki Putra mengatakan...

gendut ya..

yulianzone mengatakan...

@mumu: thank you mumu :* #eaaaaa huahaha *lempar brownies*

@ridwan: silahkan :D

@aliv: yah, nasib anak sehat. menjaga kebulatan pipi tiap hari -___-"

@luvck: kece apanya.. gambarnya? hihhi

@tya: maturnuwun, terimakasih, thank you :D

@supinah: makan 5 kali sehari, rajin latihan, makan so nice dan minum real good tiap hari :D

@renetis: horeeee..... :D

@sonix: gw jg gapunya scanner kalik. itu scan di warnet depan rumah.

@anonim: masih bisa dikejar kalo diseriusin belajar :D

@dheya: bakat bisa dicari :)

@hemoFILIA: lebih asyik lagi kalo sambil dengerin lagu pinkan CINTAKU DIMUTILASI sambil liat dia joget joget heboh ampe panggungnya ambruk :D

@bena: ah.... komentarmu singkat tapi mengena kakak.... :( *lemparin pisau, golok, gunting* *malah nyangkut semua di rambutnya* :S

Winda Huhul's Blog mengatakan...

itu coloringnya pake tekhnik apa? di share juga dong.. potosop kan?

FridiGraph mengatakan...

uaaaah
pengen gambar manual nih, tapi Fridi enggak punya scanner #hiks
ngemis dulu ah di Malioboro buat beli scanner

Salam dari blogger Jogja :)

ADA - ADA - AJA mengatakan...

Coloringnya belom dishare mas Jon.ehehe.

dindasaurus mengatakan...

ANJRIT ANJRIT ANJRIT..tadi pas lo buka2 buku ganmbar dan JRENG keluarlah gambar2 super kereeeen..bikin gue gereget pengen bakar gedung DPR.gilaah men guweh suka gayah loh.gambar2 lo tuh punya ciri khas.ntar malam gw mau coba doodling di atas pohon jengkol doain gueh yah

cacinksarapp mengatakan...

bang, ngedit pke photoshopnya pke tools apaan yak ?? mohon bimbingannya

Bizwud mengatakan...

nice share jon, ane belajar manual juga ah...

ugha badawi mengatakan...

gilaa, blog lu keren men.. gue suka gambar" lu, btw kalo bisa gue donlod yah gmbrx buat dpajang di kamar. hehe :D

yulianzone mengatakan...

winda: coloring bebas mau photoshop ato manual. ga ada tutorial coloring. mari berkreasi menurut selera masing2 :)

@Fridi: warnet yang punya scanner ada banyak. scan di warnet palingan berapa sih? ga nyampe serebu perak.

@dinda: goodluck deh, semoga dimakan genderuwo

@cacink: cukup diseleksi trus siram pake paint bucket tool

bizwud: ayo2... mari belajar....

ugha: jangan asal download & print gt men. itu udah termasuk pelanggaran hak cipta. nikmati aja gambarnya di blog ini :)

Lia mengatakan...

ada award nih buat kamu, hihi, keren banget blognyaa. di cek ya :)
http://amaliakhoirunnisa.blogspot.com/2011/07/award-unyu.html

Ochi AdieNingrat mengatakan...

bang yuyul assseeeeeeek gilaaaaa

yulianzone mengatakan...

@lia: thank you so much :)

@ochi: apa ci? :)

anasaratu mengatakan...

kak, mau nanya, terus pewarnaan nya itu gimana ya? hehehe *mau belajar*

yulianzone mengatakan...

tergantung selera masing-masing mau coloring pake apaan :)

yandrian dwi pambudi mengatakan...

bang sekalian tutorial coloring dong, udah sket nih tinggal coloring T,T

riiedzgibran mengatakan...

mas, mau tau merek pensil ma pulpen nya, soalnya kurang spesipik sih.. hee

yulianzone mengatakan...

yandrian: kapan kapan :)

@riedsgibran: drawingpen snowman , artline jg boleh. ato terserah mau pake yg apa. pensil bebas

Diah Ayu mengatakan...

dududuuuuhh ! tangannya Ka' Yulian itu looh,gimaanaaa gitu pas wakyu ngarsir,ngikutin arah,aduuuh...ngiri tingkat provinsi deng (-.-)a
trus detail bangeeeeet arsiranya ._.

Anonim mengatakan...

cool!

Noffa Rinandha mengatakan...

Kunjungan perdana :)
blog nya keren bangeeet bang ^^ aduduuuh jadi kesem- semhhhh *sedikitdengandesahan*

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...