Kamis, 07 April 2011

TIPS & TRIK EDITING: MENGHILANGKAN JERAWAT & MERATAKAN WARNA KULIT by yulianzone


(saya bukan editor profesional, jadi kalo ada yang kurang benar dalam penyampaian, mohon saran)
Di posting ini saya cuma mau bagi ilmu sama temen-temen semuanya. buat yang udah bisa pake photoshop pasti udah ngerti cara ini. tapi pastinya kan ada juga beberapa dari kalian yang masih bertanya-tanya ampe sekarang, "gimana sih caranya ngilangin jerawat di foto pake photoshop?" ok... kita mulai aja. pertama-tama buka dulu photoshop anda. seri berapa aja boleh, tapi untuk hasil maksimal, gunakan minimal photoshop CS3.  kalo punya yang CS 5 baguslah... :)
yang saya gunakan disini adobe photoshop CS3.




gambar ini gue dapet dari photo stock di deviant art, jadi emang kegunaannya buat bahan pembelajaran/berkarya, dan pemilik foto emang ngasih ijin buat dipake selama nggak dikomersilin dan tetep mencantumkan nama dia ato dikasih backlink ke situsnya, hehehe

buat latihan, sementara kita pake foto ini dulu
[klik gambar untuk memperbesar]



photoshop CS3


"peralatan" yang kita pakai:
(trik ini cuma butuh dua tools aja, polygonal lasso tool, dan patch tool)


kalo pada photoshop kalian, tool yang keluar nggak sama (polygonal lasso dan patch tool nggak muncul), klik-dan-tahan di tool yang urutan posisinya sama kayak gambar diatas selama beberapa detik sampe muncul pilihan tool yang sesuai, trus pilih sesuai yang gue lingkarin.

kegunaan polygonal lasso tool adalah untuk menyeleksi suatu area berdasar pada titik-titik yang kita klik. sedangkan kegunaan patch tool adalah untuk mengambil sample tekstur suatu area pada foto untuk ditempelkan pada area yang diinginkan.

next, perlengkapan di "meja kerja" yang kita butuhin adalah LAYERS


layers (lapisan), otomatis gunanya buat ngatur lapisan-lapisan halaman yang fungsinya buat tempat naroh objek. Bisa diatur urutan, bisa buat ngatur efek masing-masing ayer, dll. Kalo tampilan pengatur layer ini belum nongol, klik menu WINDOW , cari LAYERS, klik buat ngaktifin.

Yuk, mulai, buka file nya dulu. (Ctrl+O)

Karena gambarnya format JPG, jadi layernya cuma satu.
Perrbesar foto untuk pengerjaan lebih detail, zoom ke bagian tertentu (misal: jidat)
Silahkan ZOOM IN - ZOOM OUT sesuai kebutuhan pas kalian ngedit.... tombol shortcut:
ZOOM IN = Ctrl +
ZOOM OUT= Ctrl + -


(Kalo gambarnya kurang gede, klik aja, gausah repot ke mak erot)

[zooming 100%]
Buat untuk mulai ngedit, pastiin PATCH tool aktif, dan pastiin juga atur navigasi dibawah menu bar kayak yang ada di gambar diatas, khususnya yang gue lingkari pake warna merah (new selection dan source).

untuk mulai proses masking... (pastikan PATCH TOOL aktif!!!) klik(tahan) satu titik di foto, lingkarin ke area yang jerawatan, bikin garisnya ketemu biar jadi seleksi, kalo udah, lepas kliknya.


gambar ini sudah gue zoom 200% tapi maaf mungkin tampilan garis seleksi nya ga begitu terlihat di screenshot diatas. coba klik gambarnya buat memperbesar, sekali lagi, jangan ke mak Erot. Klik (tahan) di dalam area yang terseleksi tadi , trus drag keluar (ke bagian yang nggak berjerawat). hasilnya area berjerawat tadi jadi halus kayak area yang anda ambil dari luar (dengan syarat, warna are yang diambil minimal punya kesesuaian 80% sama area yang mau ditutupin)... lakuin terus menerus sampe rata. Abis itu, untuk proses finishing, klik POLYGONAL LASSO TOOL. dan atur fungsinya di bagian navigasi dibawah menu bar. Bikin sama persis kayak punya gue di bawah (Click picture to enlarge)


Pengaturan di navigasi: Di bagian pengaturan seleksi, pilih ADD TO SELECTION (tambah seleksi, lambangnya dua persegi yang digabung jadi satu) dan bagian feather, isi pake angka 5px. trus seleksi gambar ke bagian-bagian yang gue kasih lingkar warna merah diatas. Mau kita rapiin bagian-bagian itu. Kalo udah terseleksi, tekan Ctrl+J buat duplikasi bagian terseleksi tadi, jadi sekarang kita punya layer baru yang isinya bagian-bagian potongan yang mau kita alusian tadi. tampak di kotak layer sekarang udah ada dua bagian.


Umumnya yang orang awam tau, ngalusin kulit paling efektif pake blur. Disini juga kita pake blur ya temen-temen. tapi mungkin blur nya rada rempong. pastiin di kotak layer, yang aktif layer 1 (yang kita dapet dari hasil seleksi tadi). Untuk efek blur, klik FILTER-BLUR-GAUSIAN BLUR


Bakal nongol beginian:



Pastiin tanda centang pada preview aktif Biar sambil kita ngatur blurnya, bisa kita lihat hasilnya. disini gue pake radius 45.8 pixel (radius ini ga mengikat, lo boleh ngatur sesuai keinginan asal pas sama fotonya dan ga kelihatan banget kalo editan)
kemudian klik OK. dan hasilnya:


Udah halus tapi blur nya masih rada LEBAY dan masih banyak warna yang keluar-keluar dari area muka. hapus bagian warna yang keluar-keluar dari area yang seharusnya pake eraser tool.usahain hapus dengan rapih. kalau udah tidak ada warna yang keluar, tinggal atur blur nya biar ga keliatan mencolok. di kotak layer kolom OPACITY. itu buat ngatur transparansi layer.


geser angka opacity ke 67% (angka ini juga nggak mengikat. menyesuaikan kebutuhan)
dan ... VOILA... Hasilnya lebih rapi. satuin kedua layer dengan menikahkan mereka di depan penghulu... Emaap, maksud gue klik menu LAYER kemudian pilih MERGE VISIBLE atau tekan tombol shortcut Ctrl+Shift+E

Done

Tapi mari percantik pencahayaannya

klik menu IMAGE, pilih ADJUSTMENTS , pilih LEVEL (tombol shortcut nya Ctrl+L )
pasti muncul ini:


atur sesuai selera, jangan lupa kasih centang di PREVIEW biar sambil ngedit hasilnya bisa langsung dilihat.

Kalo udah pas, klik OK

foto editan gue hasilnya begini:



 dan foto kalianpun akan BEBAS DARI JERAWAT tanpa harus minum ponds ato gosok gigi pake tje fuk... hehehehe...... kalo udah alus semuanya jangan lupa di save ya. selamat mencoba :D

teknik ini juga bisa digunain buat ngalusin garis wajah dan menyamakan warna kulit yang nggak rata, misalnya ada model cantik mulus tapi lututnya korengan, ato lengannya ada panunya, ato ada bekas cakaran T-Rex. Dan mungkin pak presiden juga bisa nyoba teknik ini buat ngilangin kantong mata di foto biar kelihatan lebih unyu. Buanyak gunanya pokoknya.

if you like this post, dont forget to leave some comment or check the argument box.

tapi:
-gunakan editing ini cuma untuk memperindah ato seru-seruan, jangan buat nipu


hehehehe :D



-yulianzone-





13 komentar:

airyz mengatakan...

mantap masbro :D
itu ceweknya jadi cantik deh......

yulianzone mengatakan...

hihihi... maturnuwun :D .... dan untuk menghindari penyalahgunaan ilmu, dibawah postingnya udah ditambahin catetan2... ahahaha....

nandabadala mengatakan...

wajahku jon.. ben makin ganteng..

yulianzone mengatakan...

ahahaha... dike'i rambut rak?

Ochi AdieNingrat mengatakan...

abang yulianzone kereeeeen wuhu
eh iya gambarannya keren banget huhu pingin deh
aku follow abang yulian loh!
followback dong!
wuhuuuuu ☺

yulianzone mengatakan...

yaps... ok. thanks anyway :)

karina kenny mengatakan...

bermanfaat mas dan mudah dimengerti. makasih :)

yulianzone mengatakan...

hehehe. makasih. jangan bosen2 mampir :D

Anindya van Drysca mengatakan...

Tutorialnya keren-keren! Lanjutkan!

yulianzone mengatakan...

yoi. makasih uda baca :)

Alvi Syahrin mengatakan...

waaaaaaaaahhh kereeeeeeennn *takjub*

Chilfia Karunianty mengatakan...

kereeeeeeeen. sumpah!! XD

ndop mengatakan...

kalau aku ngilangin jerawat pakek patch tool..

http://dzofar.com/2007/12/09/tutorial-adobe-photoshop-menghilangkan-jerawat/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...